A.   LATAR BELAKANG

Program studi pendidikan fisika resmi terdaftar berdasarkan keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas RI dengan No. 2650/D/T/2006 Tertanggal 10 Juli 2006 dan telah diterbitkan perpanjangan ijin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Fisika berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Tinggi No. 2614/D/T/K-1X/2010 Tertanggal 24 Juni 2010. Program studi pendidikan fisika UNISMUH merupakan satu-satunya program studi Pendidikan Fisika yang ada diperguruan tinggi swasta.  Berdasarkan visi Universitas Muhammadiyah Makassar, yaitu “menjadi perguruan tinggi terkemuka, unggul, terpercaya, dan mandiri dalam mengembangkan pemikiran dan kebudayaan Islam”, maka  dirumuskan visi program studi Pendidikan Fisika FKIP Unismuh Makassar, sebagai berikut Pendidikan Fisika merupakan program studi yang memiliki budaya akademik dengan secara aktif dalam lingkungan masyarakat ilmiah dan daya saing yang tinggi dalam tataran global” . Berdasarkan Visi tersebut, maka Misi Pendidikan fisika Universitas Muhammadiyah Makassar adalah sebagai berikut.
1.  Mengembangkan pendidikan fisika sebagai salah satu dasar pengembangan Sains dan Teknologi serta menjunjung tinggi akhlak dan nilai-nilai kemanusiaan
2.  Menciptakan budaya akademik dan kemampuan berwirausaha yang kondusif untuk dapat bersaing dalam era pasar bebas.
3.  Menjalin dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan, lembaga pelatihan, permerintah daerah dan instansi lainnya.
Mengacu pada visi dan misi program studi, maka ditetapkan  tujuan program studi Fisika S1 FKIP Unismuh Makassar sebagai berikut:

1.    Menghasilkan Sarjana pendidikan Fisika yang berkualitas, profesional dan keterampilan yang tinggi.
2.    Menghasilkan Sarjana pendidikan Fisika yang profesional dan berwawasan luas dalam mengikuti perkembangan IPTEKS.
Berpedoman pada visi, misi, dan tujuan program studi Pendidikan Fisika S1 FKIP Unismuh Makassar, maka kompetensi lulusan yang diharapkan memiliki kompetensi profesional dalam bidang pendidikan Fisika serta mampu mengembangkan dan menerapkan ilmunya di masyarakat sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia kerja. Program studi Pendidikan Fisika Unismuh Makassar pengelolaan, pemanfaatan, dan pemeliharaan sarana dan prasarananya diatur, dilaksanakan, dan dikontrol secara bersama dengan jurusan-jurusan lain yang ada dalam lingkungan FKIP. Fasilitas standar yang dimaksud adalah tersedianya gedung perkuliahan beserta fasilitas penunjang representatif yang dapat digunakan secara normal dan teratur. Namun bukan berarti fasilitas yang ada tidak mencukupi, tapi karena perkiraan di masa datang terjadi peningkatan pelayanan, maka fasilitas fisik harus diwujudkan termasuk tersedianya gedung perkantoran yang dapat menggairahkan suasana dan lingkungan kerja yang lebih baik. Untuk itu rencana jangka menengah adalah mewujudkan lingkungan kampus yang alami dan islami serta tersedianya fasilitas lain seperti fasilitas olah raga, lahan pertanian/perikanan, laboratorium, tempat ibadah dan sebagainya. Pemanfaatan sarana dan prasarana dipergunakan bersama  antar fakultas dan pemeliharaan sarana dan prasarana, untuk perbaikan yang rusak dikelola  secara sentralisasi. Ketersediaan sarana dan prasarana yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar program studi  Pendidikan Fisika dapat dilihat pada tabel  sebagai berikut :


Tabel. Sarana dan Prasarana
NO
JENIS
JUMLAH
KETERANGAN
1
Perpustakaan
2
Baik
2
Micro Teaching
1)*
Baik
3
Ruang Kuliah
24 )*
Baik
4
Laboratorium komputer (dilengkapi dengan jaringan internet)
2 )*
Baik
5
Laboratorium Fisika
1
Baik
6
Ruang Administrasi
1
Baik
7
Ruang Kerja Dosen
1
Baik
8
Ruang Prodi Pendidikan Fisika
1
Baik
Keterangan  )* dipakai bersama oleh semua prodi di FKIP

1 comments to “PROFIL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR”

  1. asalammu' alaikum wr wb
    perkenalkan nama saya Winarno,M.Pd.Si kebetulan masih mencari pekerjaan dosen Pendidikan Fisika. semisal bapak/ibu dosen ada info penerimaan Dosesn Pendidikan Fisika mohon sekira memberithukan kpd saya di email: unikrez@gmail.com atau Hp.085267610851. wassalam wr wb