A. IDENTITAS PRIBADI

1.      Nama Lengkap dan Gelar       :  Khaeruddin, S.Pd., M.Pd.

2.      Tempat dan Tanggal Lahir      :  Biringkassi, 1 Juli 1974

3.      Alamat kantor                         :  Kampus FMIPA UNM Makassar
                                                         Jl. Daeng Tata Raya Parangtambung
                                                         Kampus FKIP Unismuh Makassar
Alamat Email                          :  udinmks@yahoo.co.id

4.      Alamat rumah                         :  Jl. Daeng Tata I Blok 3 No. B2
                                                   Perumahan Graha Duta  Makassar
Nomor telepon/Hp                  :  081355200676

5.      Riwayat Pendidikan               :  S-1 Pendidikan Fisika UNM Makassar
                                                         S-2 Pendidikan Fisika UNESA Surabaya

6.  Pengalaman Pekerjaan             : 

1.
Tim Nasional Penelitian Balitbang Jakarta, Tahun 2007
2.
Ketua Jurusan  Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Tahun 2006-2010
3.
Konsultan  Pendidikan SATAP Program                                                        AIBEP (Australia Indonesia Basic                                                        Education Program) Kabupaten                                                        Luwu Utara Tahun 2007- 2008
4.
Educational Adviser SATAP Program                                                        AIBEP (Australia Indonesia Basic                                                        Education Program) Cluster XXXV Tahun 2008- 2009
5.
Tim Survey BSNP tentang Standar Nasional Pendidikan Tahun 2010
                                                       

B. PENGALAMAN PENELITIAN

No
Judul Penelitian
Tahun
Sumber Dana
1.


   
Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Stretegi Berpikir Secara Berpasangan (BSP) dan Berpikir Secara Berkelompok (BSK) Pokok Bahasan Suhu dan Kalor di SMA Negeri 9 Makassar 
2003
 

Mandiri


2.
Implementasi Strategi Berpikir Secara Berpasangan (BSP) dan Berpikir Secara Kelompok (BSK) dalam Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1  Sungguminasa
2005
 

DP2M Ditjendikti
Jakarta


3.
Model Pelaksanaan Proses Pembelajaran di Sekolah
2006
LPMP Sul-Sel
4.
Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Non-UN di SMP/MTs
2007
Balitbang Depdiknas Jakarta
5.
Peningkatan Hasil Belajar Proses Sains-Fisika Melalui Strategi Berpikir Secara Berpasangan (BSP) pada Siswa Kelas IA SMA Negeri 9 Makassar
2008
 

DP2M Ditjendikti
Jakarta

6.
Peningkatan Hasil Belajar Proses Sains-Fisika Melalui Strategi Berpikir Secara Berkelompok (BSK) pada Siswa Kelas I SMPN 1 Barombong, Gowa
2009
 

DP2M Ditjendikti
Jakarta
7.
Model Pembelajaran Fisika Melalui Strategi                                      Berpikir Secara  Berpasangan (BSP) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains-Fisika
2009-2010
DP2M Ditjendikti
Jakarta


C. PENGAMALAN AKADEMIK MENULIS BUKU/DIKTAT

Khaeruddin & Sujiono E.H. (2005). Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar State University Press: Makassar.
Khaeruddin & Erwin. (2006). Metodologi Penelitian Pendidikan.Penerbit Berkah Utami Makassar: Makassar
Khaeruddin & Sujiono E.H. (2007). Model-model Pembelajaran Sains. Modul Diklat Guru dalam rangka sertifikasi Guru Rayon 24 Universitas Nedgeri Makassar.

Irwan Akib & Khaeruddin. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Berkah Utami Makassar: Makassar


D. PENGALAMAN AKADEMIK MENULIS KARYA TULIS ILMIAH, ARTIKEL/JURNAL

Khaeruddin. (2003). Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Strategi Berpikir Secara Berpasangan (BSP) dan Berpikir Secara Berkelompok (BSK) Pokok Bahasan Suhu dan Kalor di SMA Negeri 9 Makassar.  Tesis PPS UNESA Surabaya.

Khaeruddin, Nurhayati, dan Natsir. (2005). Implementasi Strategi Berpikir Secara Berpasangan (BSP) dan Berpikir Secara Berkelompok (BSK) di SMA Negeri 1 Sungguminasa.  Laporan Penelitian UNM: Makassar

Khaeruddin & Martawijaya A. M. (2005). Peningkatan Hasil Belajar Proses Fisika. (Jurnal Sains dan  Pendidikan Fisika, Vol 2 No. 2, Oktober 2005)

Khaeruddin. (2005). Pembelajaran Fisika Melalui Strategi Berpikir Secara Berkelompok (BSK) di SMA.  (Jurnal Pendidikan LPMP, Vol 2 No. 2, Mei 2006)

Khaeruddin, Suradi, Makka A, Mira. (2005). Model Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah.  (Jurnal Pendidikan LPMP, Vol 3 No. 3, Desember 2006)

Khaeruddin, Martawijaya A. M, Anis, Norma, Pamansari .(2007). Peningkatan Hasil Belajar Proses Fisika Melalui Strategi Berpikir Secara Berpasangan (BSP) Pada Siswa SMAN 9 Makassar. Laporan Penelitian UNM Makassar.

E. PENGALAMAN AKADEMIK MENGIKUTI WORKSHOP, PELATIHAN

Tahun 1999. Temu Alumni Fisika Indonesia di Institut Pertanian Bogor.

Tahun 2001. Seminar Nasional Pendidikan “Pendekatan Humanistik sebuah Paradigma Alternatif Mengawal Reformasi Pendidikan” di Victoria International Hotel Makassar.

Tahun 2002. Gebyar Civitas Fisika di Universitas Negeri Makassar

Tahun 2003. Sarasehan Pendidikan Nasional “KBK dalam tinjauan lokal dan tantangan Global” di Universitas Muhammadiyah Makassar.

Tahun 2007. Workshop SD-SMP SATAP Program AIBEP (Australia Indonesia Basic Education Program) di Hotel Arya Duta, Jakarta

Tahun 2007. Workshop SD-SMP SATAP Program AIBEP (Australia Indonesia Basic Education Program) di Hotel Delia, Makassar

Tahun 2007. Workshop Research Based Leraning. Kerjasama UNM dengan ITB Bandung, di Makassar

Tahun 2007. Workshop SD-SMP SATAP Program AIBEP (Australia Indonesia Basic Education Program) di Hotel Manhattan, Jakarta

Tahun 2007. Workshop SD-SMP SATAP Program AIBEP (Australia Indonesia Basic Education Program) di Hotel Arya Duta, Jakarta

Tahun 2007. Workshop SD-SMP SATAP Program AIBEP (Australia Indonesia Basic Education Program) di Diklat PU, Makassar

Tahun 2007. Workshop SD-SMP SATAP Program AIBEP (Australia Indonesia Basic Education Program) di Hotel Delia, Makassar

Tahun 2008. Workshop SD-SMP SATAP Program AIBEP (Australia Indonesia Basic Education Program) di Hotel Dinasti, Makassar

Tahun 2008. Workshop Peningkatan Manajemen Program Studi di Universitas Negeri Makassar


F. PENGALAMAN AKADEMIK SEBAGAI PEMBICARA PADA SEMINAR, WORKSHOP

Khaeruddin. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Contextual Teaching Learning. (Makalah disajikan pada Seminar Regional: Sinjai, Sulawesi Selatan)

Khaeruddin. (2004). Aplikasi Teori Konstruktivisme Terahadap Belajar Mengajar di Kelas. (Makalah disajikan pada Workshop Pendidikan: Soppeng,  Sulawesi Selatan)

Khaeruddin. (2005). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. (Makalah disajikan pada Seminar Pendidikan: Makassar,  Sulawesi Selatan)

Khaeruddin. (2006). Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi. (Makalah disajikan pada Workshop Pendidikan ; Luwu, Sulawesi Selatan)

Khaeruddin. (2006). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). (Makalah disajikan pada Workshop Pendidikan Oleh PT. INCO, Tbk di Matano Player, Sorowako Sulawesi Selatan)

Khaeruddin. (2006). Implikasi Sisdiknas Dan Undang-Undang Guru dan Dosen dalam Proses Pembelajaran. (Makalah disajikan pada Workshop Pendidikan; Makassar , Sorowako Sulawesi Selatan)

Khaeruddin. (2006). Peningkatan Kualitas PBM di Kelas. (Makalah disajikan pada Seminar Pendidikan: PGSD UNM Makassar, Sulawesi Selatan)

Khaeruddin. (2006). Konsep Kurikulum 2006. (Makalah disajikan pada Workshop Pendidikan Oleh PT. INCO, Tbk di Matano Player, Sorowako Sulawesi Selatan)

Khaeruddin. (2006). Proses Belajar Mengajar Menurut Kurikulum 2006. (Makalah disajikan pada Workshop Pendidikan Oleh PT. INCO, Tbk di Matano Player, Sorowako Sulawesi Selatan)

Khaeruddin. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. (Makalah disajikan pada Workshop Pendidikan SD-SMP SATAP 3 Tombolo Pao Kab. Gowa, Sulawesi Selatan)

Khaeruddin. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. (Makalah disajikan pada Workshop Pendidikan Oleh PT. INCO, Tbk di Morowali, Sulawesi Tengah)

Khaeruddin. (2007). Proses Penyusunan Silabus Menurut Kurikulum 2006. (Makalah disajikan pada Workshop Pendidikan Oleh PT. INCO, Tbk di Morowali, Sulawesi Tengah)

Khaeruddin. (2008). Model Pembelajaran Kooperatif dapat Meningkatkan hasail Belajar. (Makalah disajikan pada Seminar Nasional Oleh HMJ Pendidikan Matematika FKIP UNISMUH di Auditorium Al-Amin UNISMUH Makassar, Sulawesi Selatan)
 Khaeruddin. (2008). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Rangka Pengembangan Profesi Guru. (Makalah disajikan pada Workshop Oleh Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan)

Khaeruddin. (2008). Model-Model Pembelajaran Mutakhir. (Makalah disajikan pada WORKSHOP Pendidikan Tingkat Propinsi SUL-SEL Oleh Jurusan Fisika FKIP UNISMUH dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan Indonesia (LEPPI) di Auditorium Al-Amin UNISMUH Makassar, Sulawesi Selatan)

Khaeruddin. (2008). Penyusunan Bahan Ajar. (Makalah disajikan pada WORKSHOP Pendidikan Tingkat Propinsi SUL-SEL Oleh PGRI SUL-SEL dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan Indonesia (LEPPI) di Balai Diklat PU Makassar, Sulawesi Selatan)

Khaeruddin. (2008). Paradigma Pembelajaran Masa Kini. (Makalah disajikan pada SEMINAR Pendidikan Tingkat Propinsi SUL-SEL Oleh PGRI SUL-SEL di Restoran Pualam Makassar, Sulawesi Selatan)

Khaeruddin. (2008). Teknik Penyusunan Proposal PTK. (Makalah disajikan pada SEMINAR Pendidikan Tingkat Propinsi SUL-SEL Oleh LEPPI di Aula Pendidikan Non Formal Regional V, Sulawesi Selatan)

Khaeruddin. (2008). Menjadi Guru Profesional. (Makalah disajikan pada SEMINAR Pendidikan Tingkat Propinsi SUL-SEL Oleh Lensa Ilmu di Aula JSN Bulukumba, Sulawesi Selatan).

Khaeruddin. (2010). Pengembangan Perangkat Perkuliahan. (Peserta Domestic Non Degree Training IMHERE Dikti Kementerian Pendidikan Nasional di PSMS Universitas Negeri Surabaya).


                                                                                 Makassar, 30 Juni 2010
                                                         
   
                       

                                                                                         Khaeruddin, S.Pd., M.Pd
                                                                                               

0 comments to “Khaeruddin, S.Pd., M.Pd.”